Fasilitas Pendukung

1. Instalasi Gizi

Dokter yang bertugas :

Instalasi Gizi


2. CSSD (Central Sterile Supply Department)

Dokter yang bertugas :

Central Sterile Supply Department (CSSD) adalah unit yang bertanggung jawab atas pencucian dan distribusi alat yang telah disterilkan di rumah sakit. Konsep dan peranan Central Sterile Supply Department (CSSD) telah berkembang dari hanya suatu departemen di rumah sakit menjadi koordinator dari suatu sistem kerja supply dan alat alat steril, hal ini dapat dianalogikan seperti satu unit autoclave untuk sterilisasi menjadi sistem infection control di rumah sakit. Secara ideal, CSSD adalah satu departemen yang independen dengan fasilitas untuk menerima,men desinfect, membersihkan, mengemas, men-sterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur. Beban kerja untuk CSSD berbeda antara rumah sakit satu dibandingkan dengan rumah sakit lainnya.


3. Laundry Rumah Sakit

Dokter yang bertugas :

Laundry di rumah sakit biasanya untuk mencuci sprei khususnya, dan seragam-seragam perawat atau dokternya.

Umumnya cucian pada laundry rumah sakit berwarna polos (putih), atau warna polos yang lain.

Konsentrasi proses pencucian dalam Laundry Rumah Sakit ialah HIGIENIS dan Bersih, bukan wangi seperti pada proses laundry Kiloan

Berikut daftar Kimia khusus Laundry Rumah Sakit/Hospital Laundry selain kimia laundry umum seperti; Deterjen,dll:

1. Laundry Disinfectant
Laundry disinfektan biasanya berbentu cair, yang digunakan untuk membunuh kuman-kuman, bakteri yg menempel pada serat kain. Dan memiliki aroma khas pine oil (aroma-aroma yg sering kita jumpai di rumah sakit).
Digunakan pada proses Pre-Wash

2. Penghilang Noda Darah
Untuk membersihkan noda darah dapat menggunakan “AKALITE”, caran pembersih dengan daya pembersih yang keras, Ph tinggi.