Penyebab Ambeien: Terlalu Lama Duduk?

Mar 12, 2020 | Artikel Kesehatan

dr. Fransiscus Arifin, Sp.B

 

Dr. Fransiscus Arifin, MSi, SpB-KBD, FInaCS, FICS

Dokter Spesialis Bedah Umum Konsultas Bedah Digestif

 

Bagi banyak orang, ambeien atau hemorrhoid adalah penyakit yang sangat mengganggu. Bila benjolan muncul dan tidak dapat masuk lagi, untuk duduk saja terasa sakit atau tidak nyaman. Mari pelajari apakah sebenarnya terlalu lama duduk merupakan penyebab ambeien atau hemorrhoid?

Benarkah munculnya ambeien terjadi karena terlalu banyak duduk?

Untuk menjawab hal tersebut, kita akan bersama-sama mengenali lebih dalam apa penyakit ambeien atau hemorrhoid itu.

Ambeien terjadi karena pelebaran pembuluh darah di sekitar muara dubur. Dalam keadaan normal, terdapat banyak pembuluh darah di sekitar muara dubur, namun tidak teraba/membesar. Pembuluh darah ini terletak di bawah selaput lendir dan dibawah kulit muara dubur, dan ditahan/disangga pada tempatnya oleh lapisan jaringan ikat yang disebut “anal cushion“. “Anal cushion” yang baik akan mempertahankan ukuran dan letak dari pembuluh darah dubur pada tempat yang tepat, sehingga tidak terjadi pelebaran pembuluh darah dan penonjolan pembuluh darah secara berlebihan.

Pada keadaan dimana terjadi kelemahan “anal cushion” maka pembuluh darah di bawahnya bisa melebar/membesar, menonjol dan bergeser ke arah lubang dubur. Kondisi ini yang disebut sebagai ambeien atau hemorrhoid.

Kenapa bisa terjadai kelemahan jaringan penyangga (“anal cushion”) disekitar dubur ini?

Penyebab langsungnya adalah tekanan yang terus menerus tinggi didaerah dubur, khususnya pada saat mengejan. Tekanan yang tinggi didaerah dubur ini meningkatkan tekanan didalam pembuluh darah disekitar dubur yang menyebabkan pembuluh darah menonjol dan merusak jaringan penyangganya .Dalam jangka panjang, pembuluh darah disekitar dubur akan membesar dan menonjol keluar.

Penyebab tidak langsung berhubungan dengan kondisi-kondisi yang menyebabkan mengejan, seperti kotoran yang keras, batuk lama, atau mengangkat benda berat. Kehamilan juga dapat menyebabkan ambeien karena adanya tekanan janin di dasar panggul, namun ambeien yang dipicu kehamilan sebagian besar akan mengecil dan hilang sendiri pasca melahirkan.

Jadi apakah duduk yang terlalu lama merupakan penyebab ambeien?

Jawabannya adalah tidak. Ini adalah salah satu mitos yang berhubungan dengan ambeien. Duduk tidak menyebabkan mengejan atau peningkatan tekanan di dubur, dan karena itu tidak berhubungan dengan ambeien