Penunjang Medik dan Klinik

Jenis pelayanan yang dilakukan:
- Pelayanan Radiologi Sederhana, adalah pelayanan penunjang untuk diagnostik dan terapi dengan menggunakan peralatan radiologi sederhana yang meliputi pemeriksaan foto polos. Contoh: Foto thorax, foto abdomen polos, foto extermitas, dan foto skull.
- Fluorosgraphy, adalah pemeriksaan dengan menggunakan sinar X dimana petugas radiologi dapat secara langsung melihat objek dengan menggunakan layar (screen) atau monitor TV. Alat biasanya digunakan untuk pemeriksaan yang menggunakan bahan obat kontras. Contoh: Colon in loop, IVP, dll.
- MSCT, Multi Slice Computerize Tomografi Scanner adalah suatu alat pencintraan dengan menggunakan sinar X yang bergerak secara memutar dan hasil gambarnya berupa gambaran beberapa slice dari anatomi tubuh yang dapat diproses dengan komputer. Pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan tanpa kontras dan menggunakan kontras. Contoh: MSCT kepala, MSCT abdomen, MSCT ekstermitas, MSCT 3D, MSCT cardiac, MSCT angiografi, MSCT kepala kontras, MSCT thorax kontras, MSCT abdomen kontras.
- Dental Panoramic, adalah alat radiologi yang digunakan untuk membuat gambaran foto gigi dan periapical atau secara keseluruhan.
- Mammography, adalah alat radiologi untuk membuat gambaran payudara. Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk pemeriksaan mammografi polos dan pemeriksaan mammografi dengan kontras.
- Ultrasonography (USG), pemeriksaan organ-organ tubuh manusia dengan menggunakan gelombang suara yang berfrekuensi 1-10 juta Hz. Alatnya terdiri dari monitor dan alat tranduser. Contoh pemeriksaan:
- USG Abdomen, untuk melihat organ dalam manusia daerah perut.
- USG Thorax marker, untuk melihat batas pleura di daerah antara paru-paru dan daerah perut.
- USG Musculusletal, untuk melihat jaringan otot.

Laboratorium patologi klinik RSUD dr. Mohamad Soewandhie memberikan pelayanan 24 jam. Jenis pelayanan yang diberikan meliputi Hematologi, Kimia klinik, Imunologi, Mikrobiologi. Peralatan laboratorium RSUD dr. Mohamad Soewandhie selalu mengikuti perkembangan peralatan mutakhir dengan upaya pemantauan hasil yang dilaksanakan melalui program pemantauan mutu internal maupun mutu eksternal pada lembaga penyelenggara nasional maupun internasional.
Dengan demikian maka ketepatan hasil pemeriksaan lebih terjamin untuk mendukung upaya para dokter dalam proses pengobatan pasien. Dilengkapi dengan Laboratorium Information System (LIS), maka hasil laboratorium dapat segera diketahui dan dipergunakan untuk menentukan jenis pengobatan yang akan diberikan kepada pasien serta dapat mempersingkat lama hari rawat pasien.
Jenis pelayanan yang dilakukan meliputi hematologi, kimia klinik, imunologi, mikrobiologi, analisis cairan tubuh, analisis gas darah, urinanalisis, narkoba, dan faeces.

Adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh petugas rekam medis yang dimulai dari pendaftaran rawat jalan, IGD dan admisi (rawat inap). Merupakan proses yang komplek mulai dari penerimaan pasien yang dirawat dilanjutkan dengan pengolahan data hingga penyimpanan rekam medis.
http://172.18.0.180/soewandhie/web2/wp-content/uploads/2020/01/Fasilitas-16.jpg
Loket pendaftaran lantai 1 ( Loket A1, A2, B, dan C).
- Loket A1 pendaftaran klinik jantung, anak.
- Loket A2 pendaftaran klinik gigi, paru, kulit, umum.
- Loket B pendataran klinik mata, THT, rehab, kandungan, kehamilan risti, syaraf.
- Loket pendaftaran lantai 2.
- Loket D pendaftaran klinik bedah umum, bedah ortophedi, bedah urologi, bedah thorax, VCT, bedah syaraf, dan jiwa.

Ketersediaan obat yang lengkap merupakan dukungan mutlak bagi upaya memenuhi kebutuhan pelanggan. Ketelitian dalam mempersiapkan obat secara efektif dan efisien dimungkinkan oleh karena dukungan sumber daya manusia yang terampil dan profesional di bidangnya.
Pelayanan farmasi terbuka selama 24 jam sehingga memudahkan bagi pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang bersifat “One Stop Service”. Pelayanan yang dilakukan meliputi UPF IRD, UPF Rawat Inap, UPF Logistik Medik, UPF Preparasi Sitostik, Depo Formasi OK-ICU, Depo Farmasi OK Emergency, Depo Farmasi Hemodialisa, Depo Farmasi Rawat Jalan lantai 1-2.

Unit Bank Darah RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya telah beroperasi sejak 2 September 2014 didukung dengan tenaga dokter spesialis patologi klinik, ahli teknologi laboratorium medik dan pelaksana non teknis.
Unit Bank darah berkomitmen untuk menjaga Cold Chain (rantai dingin) sehingga kualitas produk darah terjaga dengan baik. Pada tahun 2016, Unit Bank Darah bekerja sama dengan PMI Surabaya menyelenggarakan 3x acara donor darah di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya yaitu pada tanggal 11 Mei, 24 Agustus dan 7 Desember 2016.
Jenis pelayanan yang dilakukan meliputi Whole Blod, Packed Red Cell, Fresh Frozen Plasma, Anti Haemofili Factor, Trombosit Concentrate, Washed Erytrhocyte, Direct Coomb's Test, dan golongan darah A, B, O, dan Rhesus.

Central Sterile Supply Department (CSSD) adalah unit yang bertanggung jawab atas pencucian dan distribusi alat yang telah disterilkan di rumah sakit. CSSD merupakan departemen yang independen dengan fasilitas untuk menerima, mendesinfect, membersihkan, mengemas, men-sterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur.

erdasarkan PerMenKes RI No.78 tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, bahwa pelayanan gizi rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolisme tubuh. Keadaan gizi pasien sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapat berpengaruh terhadap keadaan gizi pasien. Seringkali terjadi kondisi pasien semakin buruk karena tidak tercukupinya kebutuhan zat gizi untuk perbaikan organ tubuh. Dan pada akhirnya fungsi organ yang terganggu akan lebih buruk lagi dengan adanya penyakit dan kondisi kurang gizi.
http://172.18.0.180/soewandhie/web2/wp-content/uploads/2020/01/Fasilitas-8.jpg
Oleh karena itu Instalasi Gizi berupaya menyelenggarakan pelayanan gizi pasien yang bermutu, dan berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pasien. Kegiatan dari mulai pemesanan bahan makanan sampai dengan makanan siap di konsumsi pasien diupayakan dalam pengawasan dan disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan. Sehingga makanan pasien bisa diterima tepat waktu, tepat diet (karena selalu melalui proses quality control Ahli Gizi), dan aman (bebas dari bahaya fisik, kimia, biologis). Pelayanan makan untuk pasien kelas utama (VIP) disediakan pilihan menu yang bervariasi sehingga lebih bisa menyesuaiakan kesukaan pasien. Selain itu juga disiapkan ekstra makan untuk keluarga.
Agar asupan makanan pasien rawat inap sesuai dengan kondisi kesehatannya, maka pelaksanaan asuhan gizi pasien diupayakan dilakukan untuk pasien yang beresiko malnutrisi. Terutama pasien dengan kondisi khusus atau yang dirawat di ruang instensif. Sehingga instalasi gizi ikut berperan membantu mempercepat proses penyembuhan pasien dengan cara mempertahankan dan meningkatkan status gizi pasien. Dengan demikian diharapkan tujuan terciptanya sistem pelayanan gizi yang bermutu dan paripurna sebagai bagian dari pelayanan di rumah sakit akan terwujud.

Pelayanan endoscopy ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis digestive serta dibantu perawat. Jenis pelayanan yang dilakukan termasuk endoskopi, gastrocopy, coloroscopy, dan biopsy jaringan.

Patologi anatomi adalah bidang keilmuan yang membantu dalam penentuan diagnosis (termasuk stadium) dan penentuan tindakan yang tepat bagi penderita kanker. Dalam bidang Ilmu Patologi Anatomi, suatu tumor atau kanker dapat diketahui berdasarkan bentukan sel jaringan yang dilihat dengan mikroskop. Jenis pelayanan yang dilakukan merupakan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy), FNAB Superfacial, FNAB dengan tuntunan USG/CT scan, sitologi exfoliatif, pap smear, sitologi cairan, serta histopatologi jaringan.