Mitos Tidak Benar tentang Vaksin

Sep 16, 2021 | Edukasi

Halo sahabat sehat,

Banyak mitos serta berita hoaks yang tersebar di masyarakat terkait dengan vaksin. Hal ini belum jelas kebenarannya namun telah tersebar melalui pesan berantai. Apa saja mitos-mitos tersebut?

Vaksin disebut dapat menimbulkan kemandulan. Hal ini merupakan rumor yang tidak benar dan vaksin tidak dapat menyebabkan kemandulan, ucap Dr. Katherine O’Brien, ahli vaksin yang berspesialisasi dalam bidang epidemiologi pneumokokus.

Vaksin juga disebut dapat mengubah DNA. Vaksin tidak mungkin dapat mengubah DNA seseorang. mRNA berfungsi untuk mengistruksi tubuh untuk membuat protein yang nantinya dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus.

Mitos besar lain adalah vaksin disebut terdapat bahan kimia yang membahayakan. Vaksin yang disuntikkan ke penerimanya sudah dipastikan aman. Semua komponen yang masuk ke dalam vaksin diuji secara berat untuk memastikan bahwa semua yang ada di sana, termasuk dosis aman untuk manusia.

Tiga mitos ini cukup membuat heboh di masyarakat saat pemerintah tengah gencar menggalakkan program vaksinasi. Padahal, vaksinasi dilakukan sebagai salah satu upaya dalam rangka mengatasi pandemi.

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan 5M ya sahabat sehat.