RSUD dr. Mohamad Soewandhie Menerima Penghargaan Rumah Sakit Pengguna Plasma Konvalesen Terbanyak

Sep 30, 2021 | Agenda, Berita

​Pada tanggal 21 September 2021 kemarin, RSUD dr. Mohamad Soewandhie menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Palang Merah Indonesia sebagai salah satu rumah sakit yang menggunakan plasma konvalesen terbanyak sebagai terapi bagi pasien COVID-19.

Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien yang didiagnosa COVID-19 dan telah 14 hari dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19. Penggunaan plasma konvalesen sebagai terapi tambahan pasien COVID-19 ini dilatarbelakangi oleh dugaan plasma konvalesen yang memiliki efek terapeutik karena memiliki antibodi terhadap SARS-Cov-2.

Acara ini merupakan rangkaian acara Webinar Nasional Evaluasi Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen yang disertai dengan Pemberian Panghargaan Donor Plasma bagi rumah sakit pengguna plasma konvalesen terbanyak.

dr. Billy Daniel Messakh, Sp.B selaku Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan beserta dr. Arif Setiawan selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik mewakili RSUD dr. Mohamad Soewandhie untuk menerima penghargaan tersebut.