RSUD dr. Mohamad Soewandhie Menerima Robot RAISA

Feb 1, 2021 | Agenda, Berita

Halo sahabat sehat,

Pada tanggal 25 Januari 2021, RSUD dr. Mohamad Soewandhie menerima hibah satu unit robot RAISA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang didanai oleh Deputi Bidang Penguatan Inovasi, Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional. Robot RAISA atau Robot Medical Asistant ITS-Unair ini merupakan robot yang digunakan untuk membantu tenaga medis untuk perawatan pasien COVID-19 di ruang perawatan isolasi rumah sakit.

Dengan keberadaan robot RAISA ini, pengantaran makan dan minum kepada pasien COVID-19 di ruang isolasi tidak terjadi kontak langsung antara perawat maupun ahli gizi dengan pasien. Oleh karena itu, robot RAISA dapat membantu mencegah terjadinya penularan virus COVID-19 selama proses pengantaran makan dan minum.

Saat ini, robot RAISA digunakan di ruang isolasi RSUD dr. Mohamad Soewandhie isolasi untuk pasien yang tidak bergejala berat dan masih dapat beraktivitas. Meski pasien tidak berinteraksi secara langsung, pasien tetap dapat berkomunikasi dengan tenaga kesehatan melalui monitor yang terdapat di RAISA.